How to Make 3 Ingredients Soufflé Cheesecake

Japanese Souffle Cheesecake, courtesy of YouTube

Hai, ladies! Kali ini aku akan memperkenalkan sebuah resep, sebenernya bukan resep baru juga, tapi aku baru aja buat he he. Resep ini aku ambil dari seorang YouTuber asal Jepang, namanya Ochikeron.

Aku suka banget sama resep-resep yang dia buat karena mudah dan rasanya juga enak. Lumayan buat kita cewek-cewek untuk belajar masak, ya kan? Berikut akan aku umumin bahan-bahan serta pembuatannya. Dijamin gampang banget karena aku udah coba sendiri!

3 Ingredients Soufflé Cheesecake by Ochikeron

Bahan :

3 butir telur
120g coklat putih
120g cream cheese (dilembutkan)

Alat yang digunakan :

oven
loyang bundar 20×20 cm
loyang datar
2 mangkuk besar
hand mixer
spatula

Cara membuat :

  1. Panaskan oven dengan suhu 170C. Pisahkan kuning telur dan putihnya, dan taruh putih telur ke dalam mangkuk besar. Taruh putih telur di dalam lemari es agar dingin sampai nanti dipakai (ini akan membuat putih telur lebih kokoh setelah dikocok)
  2. Taruh coklat putih (dipotong kecil-kecil terlebih dahulu) ke dalam mangkuk stainless besar dan tim hingga meleleh. Setelah itu, masukkan cream cheese ke dalam adonan coklat dan aduk hingga rata. Kemudian angkat, dan masukkan kuning telur dan aduk hingga rata.
  3. Di dalam mangkuk besar, kocok putih telur dengan menggunakan hand mixer hingga berbentuk firm peak (jika mangkuk dibalik, putih telur tidak tumpah).
  4. Campurkan 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan cream cheese dan aduk dengan menggunakan spatula. Kemudian masukkan sisa adonan putih telur ke dalam adonan cream cheese dan aduk hingga rata.
  5. Oleskan minyak/margarin ke atas kertas kue (dengan cara ini, kue bisa meluncur ke bawah ketika menyusut, sehingga kamu dapat mencegah kue dari cracking). Lapisi loyang bundar 20×20 dengan kertas kue. Tuang adonan ke dalamnya.
  6. Letakkan loyang bundar di atas loyang datar, dan tuang air panas ke dalam loyang datar secukupnya. Dan biarkan di dalam oven dengan suhu 170C hingga 15 menit, kemudian turunkan suhu menjadi 160C selama 15 menit, dan kemudian setelah itu diamkan kue tetap di dalam oven selama 15 menit lagi.
  7. Setelah selesai, letakkan kue ke atas piring datar atau di atas wire rack, dan biarkan hingga sama dengan suhu ruangan.

Kamu bisa langsung menghidangkannya segera atau dinginkan di kulkas sebelum disajikan! Ini akan sedikit menjadi keras di lemari es, jadi biarkan pada suhu kamar selama beberapa menit sebelum dihidangkan.

Mungkin kelihatannya banyak sekali aturan mainnya, tapi serius, dijamin gampang! Nanti aku cantumin juga video aku saat pembuatannya supaya memudahkan kalian untuk ikut membuatnya! Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s